Senin, 25 September 2023

IPTEK

IPTEK BAGI PELAJAR






IPTEK adalah – IPTEK sebagai suatu akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, IPTEK juga mengiringi sejarah peradaban manusia. Bahkan, pada sejumlah kajian juga menyebutkan bahwa IPTEK kemudian telah ada semenjak jutaan tahun yang lalu, dengan istilah yang berbeda.

IPTEK juga menjadi bagian terpenting di dalam kemajuan dunia, yang menyertai interaksi dengan masyarakat. Seiring dengan berjalannya waktu, IPTEK kemudian menjadi semakin berkembang serta berdampak besar. 


Ciri-Ciri IPTEK

Setelah mempelajari mengenai pengertian IPTEK, mungkin terdapat juga sebagian dari kamu yang masih bingung mengenai membedakannya? Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri dari IPTEK yang perlu kamu ketahui:

1. Empiris

Ciri IPTEK ini kemudian diperoleh melalui suatu proses pengamatan, penelitian, dan percobaan terlebih dahulu. Dari proses panjang inilah kemudian akan dilahirkan suatu pengetahuan.

2. Radikal

Maksud dari radikal sendiri bukanlah mengenai kebebasan tanpa aturan, tetapi lebih berfokus kepada upaya dalam menguraikan hingga ke akar persoalan dan lebih menekankan kepada esensinya.

3. Sistematis

Dikatakan sistematis karena ilmu yang telah ditemukan kebenarannya, perlu disebarluaskan. Karena tidak semua orang awam kemudian memahami maksud dari peneliti ataupun penemu ilmu pengetahuan tersebut. Jadi, dari segi penyampaian juga penyebarluasan ilmu pengetahuan kemudian harus disusun secara sistematis. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat menangkap dan lebih mudah memahami. Saat mudah dipahami, setidaknya orang kemudian akan dapat mempraktekan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4. Objektif

Sifat ilmu pengetahuan haruslah objektif. Maksud objektif ini adalah tidak memihak. Adapun manfaat sifat objektif, adalah menghilangkan prasangka serta penilaian negatif orang lain.

5. Analitis

Ilmu pengetahuan ini kemudian dibuat secara analitis. Dimana disampaikan secara terperinci, kritis dan menyeluruh. Jadi tak ada yang kemudian membeda-bedakan persoalan ataupun perannya.

6. Verifikatif

Maksud dari verifikatif ialah ilmu pengetahuan dan IPTEK harus sudah melalui pengujian berkali-kali. Pengujian ini sendiri kemudian digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan mencari jawaban sempurna terkait pertanyaan yang selama ini mungkin masih dipertanyakan. Dengan kata lain, ilmu pengetahuan haruslah dapat dikomunikasikan.


Manfaat Iptek

1. Mempermudah Seseorang dalam Mendapatkan Berbagai Hal

Kita dapat dengan mudah mendapatkan berbagai hal. Barang-barang yang kemudian sulit kita dapatkan di satu daerah dengan mudah kita dapatkan melalui belanja online. Hal ini menjadi suatu bukti nyata perkembangan IPTEK. Media komunikasi juga dapat dengan murah serta mudah kita dapatkan. Bandingkan dengan zaman dahulu dimana IPTEK tak sehebat sekarang.


2. Membantu Suatu Penyelesaian Permasalahan Manusia

Umumnya, setiap manusia kemudian memiliki masalah yang sama, yaitu mengenai bagaimana pemenuhan kebutuhannya. Kemajuan IPTEK juga turut menjawab semuanya. Kebutuhan hidup sendiri juga lebih sehat dan dapatkan dari kemajuan teknologi kedokteran yang demikian pesat. Kemajuan teknologi ini dapat memenuhi pangan dengan mudah karena hadirnya berbagai teknologi pertanian yang semakin canggih


3. Kehidupan Menjadi Lebih Maju

Dibandingkan dengan masa primitif, masa modern kemudian telah sangat berbeda jauh. Dari segi berpakaian, bagaimana cara memenuhi kebutuhan pangan, tentang bagaimana seseorang berkomunikasi, bagaimana juga pengobatan dilakukan, bagaimana suatu pangan dapat dipenuhi, bagaimana seseorang juga mengorganisasikan manusia, sejauh ini semuanya menuju ke arah yang lebih maju. Tentu hal ini kemudian tak terlepas dari perkembangan IPTEK yang ada saat ini


4. Mempermudah dan Mengoptimalkan Bisnis

Dengan kehadiran IPTEK, maka memulai bisnis dapat kita lakukan tanpa modal serta di rumah. Kita hanya memerlukan koneksi internet serta perangkat yang menunjang koneksi. Lalu, hanya dengan menggunakan hp, dan bisa pula menggunakan laptop atau komputer, kamu sudah bisa menjual berbagai macam produk dagangan. Jadi, jangan pernah ragu untuk memulai bisnis online.


5. Komunikasi Menjadi Lebih Mudah

Zaman dulu, untuk berkomunikasi dengan orang lain pastinya dilakukan dengan cara mendatangi kediaman seseorang serta berkomunikasi secara langsung. Namun, saat ini berbeda, kita dapat berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda tempat dengan sangat mudah. Kita bahkan dapat saling bertatap muka walaupun tidak berada di tempat yang sama. Inilah kekuatan IPTEK yang mengagumkan. Dengan begitu, hubungan antara individu yang satu dengan yang lainnya bisa tetap terjaga.


Dampak Positif:

1.  Inovasi Dunia Pendidikan Semakin Berkembang

Dengan adanya IPTEK tentunya membuat pendidikan sangat mudah untuk dilaksanakan dalam kondisi apapun. Semua orang akan mudah belajar tanpa adanya halangan karena tempat yang jauh.

Seperti masa sekarang ini yang sedang terjadi pandemi, kita tidak perlu pergi ke tempat yang dituju untuk mendapatkan ilmu. Kita bisa hanya duduk di rumah dan mengikuti berbagai webinar yang disediakan di internet.


2.  Sistem Administrasi Pendidikan Berkembang

IPTEK juga memudahkan dalam hal administrasi di dunia pendidikan. Orang tua dan mahasiswa tidak perlu repot-repot untuk mendaftarkan pendidikan hingga datang ke tempatnya.

Dengan berkembangnya administrasi, pendaftaran sekolah dan kuliah dapat dilakukan dengan mudah dari rumah saja dengan berbekal internet. Kita juga tidak perlu mengantre untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Kita hanya perlu mengunggahnya di situs web yang sudah disediakan oleh sekolah atau kampus.


3.  Muncul Metode Pembelajaran Baru

IPTEK mendukung adanya perubahan metode pembelajaran bagi pelajar dan mahasiswa. Metode pembelajaran kini tidak hanya itu-itu saja seperti sebelum IPTEK berkembang.

Metode pembelajaran yang sekarang fokus pada dunia digital, di mana semua orang juga dapat mengakses dan mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya belum diketahui.

Contohnya sekarang pembelajaran dapat menggunakan media seperti Google Classroom, Zoom, Google Meeting, bahkan pembelajaran bisa dilakukan lewat Youtube.


4.    Perpustakaan Online/Daring

Semakin pesat berkembangnya IPTEK kita dapat membaca hanya melalui gawai yang kita miliki. Kita tidak perlu datang ke perpustakaan tertentu ketika kita membutuhkan buku yang ingin kita baca.

Banyak situs web sebagai penyedia peminjaman buku atau perpustakaan online. Bahkan setiap kampus memiliki situs web perpustakaan yang isinya sama persis seperti perpustakaan fisik yang ada di kampus. Untuk mengunjunginya  tentunya kamu harus memiliki akun dari kampus kamu terlebih dahulu.

Dengan perpustakaan online kita dapat membaca di mana saja dan kapan saja tanpa halangan waktu. Kita bisa membaca buku yang kita pinjam di malam hari, pagi hari, atau sore hari. Namun perlu diingat yang namanya perpustakaan online pasti juga memiliki masa pinjam. Jika batas waktu pinjam sudah habis, buku akan otomatis hilang dari daftar buku kamu


5.    Berbagi Hasil Penelitian

IPTEK membuat kemudahan kita untuk berbagi ilmu dan mendapatkan ilmu. Dengan adanya IPTEK penelitian yang dibuat oleh para peneliti dapat diunggah di internet. Beberapa juga ada situs web dengan berbagai unggahan hasil penelitian yang bisa diakses khalayak ramai.

Kampus pun menyediakan situs web hasil penelitian dosen dan mahasiswanya. Namun jika situs web kampus pastinya kamu harus memiliki akun dari kampus kamu sendiri untuk dapat masuk lalu membaca maupun mengunggah hasil penelitian kamu di situs web tersebut.


Dampak Negatif:

1.    Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual

Semakin berkembangnya IPTEK semakin banyak juga informasi dan ilmu yang tersebar di internet. Hal ini dapat disalahgunakan oleh pelajar dan mahasiswa dalam mengerjakan sebuah tugas.

Bagi mahasiswa atau pelajar yang malas tentunya mereka akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalin informasi yang tersedia di Google tanpa memparafrasekan terlebih dahulu. Ini disebut dengan plagiasi.


2.    Kecanduan Teknologi

Bagi sebagian orang yang baru saja kenal dengan teknologi baru tentunya akan mengalami sedikit kecanduan untuk terus menggunakannya. Hal ini memiliki dampak buruk. Siswa tidak akan fokus dengan pembelajaran yang ada, namun mereka beralih untuk menonton film atau Youtube melalui gawai mereka masing-masing.

Kontrol orang tua di sini dibutuhkan dalam proses pembelajaran online. Tidak semua siswa dapat mengendalikan dirinya untuk terus menggunakan teknologi hanya untuk belajar. Mungkin sesekali boleh, namun jika sampai tidak fokus belajar maka ini berdampak buruk.


3.    Sarana Untuk Mencontek

Dalam pembelajaran daring tentunya guru tidak bisa mengawasi siswanya ketika sedang melaksanakan ujian. Siswa dan guru berbeda tempat dengan perantara gawai dan aplikasi pembelajaran. Dengan adanya IPTEK siswa bisa saja mencontek dari Google atau buku untuk mengetahui jawaban dari soal yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH PERKEMBANGAN IPTEK DALAM TRANSPORTASI

SEJARAH PERKEMBANGAN TRANSPORTASI Zaman sudah semakin modern, sarana transportasi sudah semakin maju. Mulai dari transportasi berupa ojek on...